SIKAP MANUSIA TERHADAP AL-QURAN (KULTUM ROMADHON HARI KE 18) Masjid ALWUSTHO

SIKAP MANUSIA TERHADAP AL-QURAN (KULTUM ROMADHON HARI KE 18)

SIKAP MANUSIA TERHADAP AL-QURAN

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِىْ  اَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ فِىْ قُلُوبِ الْمُؤْمِنِيْنَ. اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. شَهَادَةً تُنْجِىْ قَائِلَهَا مِنْ اَهْوَالِ يَوْمِ الدِّينِ. وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَمَوْلاَنــاَ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ الْمَبْعُوثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَـيْهِ وَعَلَى آلِه وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ يَقُوْمُ النَّاسُ لِرَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَمَّا بَعْدُ. مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ. اِتَّقُوا اللهَ الَّذِىْ خَلَقَكُمْ مِنْ سُلاَلَةٍ مِنْ طِـيْنٍ. وَاذْكُرُوا اللهَ  تَعَالَى كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ مِنَ اْلآمِنِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ.

 

            Segenap puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memilih umat Muhammad ini sebagai umat pilihan dengan diturunkannya al-Quran, sebagai kitab penyempurna kitab-kitab suci sebelumnya yang diwahyukan kepada para Nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.

            Melalui firman-Nya Allah SWT menginformasikan waktu turunnya al-Quran sekaligus menjelaskan fungsi diturunkannya al-Quran itu sendiri:

 

ãöky­ tb$ŸÒtBu‘ ü“Ï%©!$# tA̓Ré& ÏmŠÏù ãb#uäöà)ø9$# ”W‰èd Ĩ$¨Y=Ïj9 ;M»oYÉit/ur z`ÏiB 3“y‰ßgø9$# Èb$s%öàÿø9$#ur 4

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS. Al-Baqarah: 185)

 

Ma'asyiral-muslimin wa-zumratal-mukminin rahimakumullah

            Allah SWT menurunkan al-Quran sebagai hudan linnas, petunjuk bagi manusia ila shiratin-mustaqim – ke jalan yang lurus, yakni al-Islam. Untuk apa manusia ditunjukkan kepada al-Islam? Agar manusia itu selamat baik di dunia maupun di akhirat. Karena sesuai dengan namanya, Islam adalah keselamatan, kedamaian, ketenteraman, dan kesejahteraan, baik bagi dirinya maupun orang lain yang ada di sekelilingnya. Maka bukan Islam  apabila mempelopori kerusakan. Bukan Islam apabila menghendaki kehancuran. Bukan watak seorang muslim apabila kehadirannya menimbulkan keresahan. Dan bukan watak seorang muslim apabila keberadaannya memunculkan banyak persoalan. Tetapi Islam diturunkan sebagai agama yang rahmatan lil-'alamin -- rahmat bagi semesta alam yang mengembangkan toleransi bukan hanya ke dalam, ke sesama umat Islam, melainkan juga sikap toleransi keluar, kepada penganut agama lain.  

            Al-Quran juga diturunkan sebagai bayyinatin minal-huda wal-furqan, penjelasan tentang petunjuk itu dan pemisah antara yang hak dan batil, yang di dalamnya berisi tentang tatanan nilai dan aturan hidup manusia, agar manusia itu benar-benar menjadi manusia yang menyadari kedudukan dirinya sebagai hamba Allah serta memahami tugasnya sebagai khalifatullah fil-ardhi – wakil Allah di muka bumi yang bertugas mengatur, mengolah, dan mengelola sumber daya alam dengan sebaik-baiknya, sehingga menghasilkan manfaat sebanyak-banyaknya bagi kehidupan seluruh penduduk bumi. Di situlah harga diri manusia sebagai makhluk yang paling mulia, sebab jika tidak, maka jadilah ia seonggok daging bernyawa dan berjalan di muka bumi yang kehilangan harkat dan derajatnya sebagai makhluk mulia. Derajatnya disamakan dengan hewan, harkatnya disamakan dengan binatang, bahkan lebih hina dari itu.

Sebagaimana firman Allah di dalam al-Quran Surah al-A'raf:179:

 

ô‰s)s9ur $tRù&u‘sŒ zO¨YygyfÏ9 #ZŽÏWŸ2 šÆÏiB Çd`Ågø:$# ħRM}$#ur ( öNçlm; Ò>qè=è% žw šcqßgs)øÿtƒ $pkÍ5 öNçlm;ur ×ûãüôãr& žw tbrçŽÅÇö7ム$pkÍ5 öNçlm;ur ×b#sŒ#uä žw tbqãèuKó¡o„ !$pkÍ5 4 y7Í´¯»s9'ré& ÉO»yè÷RF{$%x. ö@t/ öNèd ‘@|Êr& 4 y7Í´¯»s9'ré& ãNèd šcqè=Ïÿ»tóø9$# ÇÊÐÒÈ  

 

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai. (QS. al-A'raf:179)

 

Ma'asyiral-muslimin wa-zumratal-mukminin rahimakumullah

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang bertauhid, meyakini keesaan Allah. Al-Quran telah menginformasikan bahwa hal tersebut merupakan fitrah atau bawaan manusia sejak asal kejadiannya.  Demikian dapat kita pahami dari firman-Nya dalam surah ar-Rum ayat 30:

óOÏ%r'sù y7ygô_ur ÈûïÏe$#Ï9 $Zÿ‹ÏZym 4 |NtôÜÏù «!$# ÓÉL©9$# tsÜsù }¨$¨Z9$# $pköŽn=tæ 4 Ÿw Ÿ@ƒÏ‰ö7s? È,ù=yÜÏ9 «!$# 4 šÏ9ºsŒ ÚúïÏe$!$# ÞOÍhŠs)ø9$#  ÆÅ3»s9ur uŽsYò2r& Ĩ$¨Z9$# Ÿw tbqßJn=ôètƒ ÇÌÉÈ  

 

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (QS. ar-Rum: 30)

 

Namun seiring dengan pengembaraannya di muka bumi, manusia menghadapi berbagai fenomena yang tidak jarang membuat manusia menjadi gelap mata. Terpesona dengan keindahan duniawi, akhirnya banyak manusia yang lupa diri. Tidak ingat lagi janji yang pernah diikrarkannya kepada Allah pada saat sebelum pengembaraannya di muka bumi ini. Sebagaimana yang diingatkan oleh Allah dalam firman-Nya:

 

øŒÎ)ur x‹s{r& y7•/u‘ .`ÏB ûÓÍ_t/ tPyŠ#uä `ÏB óOÏd͑qßgàß öNåktJ­ƒÍh‘èŒ öNèdy‰pkô­r&ur #’n?tã öNÍkŦàÿRr& àMó¡s9r& öNä3În/tÎ/ ( (#qä9$s% 4’n?t/ ¡ !$tRô‰Îgx© ¡ cr& (#qä9qà)s? tPöqtƒ ÏpyJ»uŠÉ)ø9$# $¯RÎ) $¨Zà2 ô`tã #x‹»yd tû,Î#Ïÿ»xî ÇÊÐËÈ  

 

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka, dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menyaksikan". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap (keesaan Tuhan) ini". (QS. al-A'raf: 172)

 

Oleh karena itu, Allah turunkan kitab suci al-Quran yang merupakan  way of life and rool of the game --- pedoman hidup dan aturan main di dunia, agar manusia mampu melaksanakan perannya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan skenario yang telah dirumuskan oleh Allah SWT tersebut. Agar manusia menyadari bahwa dunia ini adalah tempat persinggahan sementara, bukan tempat keabadian, mau atau pun tidak mau semuanya akan ditinggalkan.

Namun pada kenyataannya, tidak semua manusia sadar akan perannya itu. Bahkan sebagian dari mereka membantah, menolak, dan memberontak. Selebihnya merubah peran dirinya berdasarkan hawa nafsu yang disesuaikan dengan skenario setan. Mereka menjalankan alur cerita yang ditulis oleh tangan-tangan setan. Mereka menafikan Tuhan. Mereka ingkari perjanjian. Dan mereka abaikan scenario Tuhan yang tersusun dalam Al-Quran.  Allah SWT menggambarkan sikap mereka itu melalui firman-Nya:

  • NèO $uZøOu‘÷rr& |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZøŠxÿsÜô¹$# ô`ÏB $tRϊ$t7Ïã ( óOßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 Nåk÷]ÏBur ӉÅÁtFø)•B öNåk÷]ÏBur 7,Î/$y™ ÏNºuŽöy‚ø9$$Î/ ÈbøŒÎ*Î/ «!$# 4 šÏ9ºsŒ uqèd ã@ôÒxÿø9$# 玍Î7x6ø9$# ÇÌËÈ

 

Kemudian kitab --  al-Quran -- itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, yaitu umat Islam, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dengan mengingkari ayat-ayatnya sekaligus memusuhi Rasulullah sebagai penerima al-Quran itu, dengan mengatakan bahwa al-Quran adalah ciptaan Muhammad, jiplakan dari kitab-kitab sebelumnya, lantunan sihir,  dan sebagainya;  dan di antara mereka ada yang pertengahan, antara percaya dan tidak, antara yakin dan ragu dengan kebenaran al-Quran sebagai Firman Allah dan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya;  dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah, yaitu orang-orang yang beriman yang meyakini kebenaran al-Quran sebagai wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman hidup manusia;  maka yang demikian itu adalah karunia yang Amat besar.

 

Ma'asyiral-muslimin wa-zumratal-mukminin rahimakumullah

            Dari ayat tersebut kita dapat menarik kesimpulan, bahwa dalam mensikapi al-Quran manusia terbagi menjadi tiga kelompok. Pertama mereka yang sama sekali menolak al-Quran, dan kedua mereka yang ragu terhadap al-Quran. Untuk kelompok pertama dan kedua ini Allah SWT telah menetapkan:

 

¨bÎ) šúïɋ©9$# (#qç/¤‹x. $uZÏG»tƒ$t«Î/ (#rçŽy9õ3tFó™$#ur $pk÷]t㠟w ßx­Gxÿè? öNçlm; Ü>ºuqö/r& Ïä!$uK¡¡9$# Ÿwur tbqè=äzô‰tƒ sp¨Yyfø9$# 4Ó®Lym ykÎ=tƒ ã@yJpgø:$# ’Îû ÉdOy™ ÅÞ$u‹Ïƒø:$# 4 šÏ9ºx‹Ÿ2ur “Ì“øgwU tûüÏB̍ôfßJø9$# ÇÍÉÈ  

 

Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit, yakni do'a dan amal mereka tidak akan diterima oleh Allah,  dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum – maksudnya  mereka tidak mungkin masuk surga sebagaimana tidak mungkin masuknya unta ke lubang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan. (QS. Al-A'raf: 40)

 

Sedangkan bagi orang-orang yang beriman kepada al-Quran, meyakini keberan Al-Quran, melaksanakan ajaran Al-Quran, teguh memegang prinsip kebenaran Al-Quran, hidup dan mati di bawah naungan Al-Quran; Allah SWT telah menetapkan:

¨bÎ) #x‹»yd tb#uäöà)ø9$# “ωöku‰ ÓÉL¯=Ï9 š†Ïf ãPuqø%r& çŽÅe³u;ãƒur tûüÏZÏB÷sßJø9$# tûïÏ%©!$# tbqè=yJ÷ètƒ ÏM»ysÎ=»¢Á9$# ¨br& öNçlm; #\ô_r& #ZŽÎ6x. ÇÒÈ  

 

Sesungguhnya al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar. (QS. Al-Isra: 9)

 

Ma'asyiral-muslimin wa-zumratal-mukminin rahimakumullah

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang beriman kepada al-Quran dan diberikan kekuatan lahir dan batin oleh Allah SWT untuk mengamalkan ajaran-ajaran al-Quran dalam segala aspek kehidupan.

 

اللَّهُمَّ نَوِّرْ قُلُوْبَنَا بِتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ، وَزَيــِّـنْ اَخْلاَقَنَا بِجَاهِ الْقُرْآنِ، وَحَسِّنْ اَعْمَالَنَا بِذِكْرِ الْقُرْآنِ، وَبَيِّضْ وُجُوْهَنَا بِبَرَكَةِ الْقُرْآنِ، وَنَوِّرْ اَبــْدَانَنَا بِنُوْرِ الْقُرْآنِ، وَنَجِّنَا مِنَ النَّارِ بِكَرَمَةِ الْقُرْآنِ، وَاَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ بِشَفَاعَةِ الْقُرْآنِ.

 

Wahai Allah, terangilah hati kami dengan cahaya Al-Quran, hiasilah akhlak kami dengan kemuliaan Al-Quran, sempurnakanlah amal kami dengan keagungan Al-Quran, bersihkanlah wajah kami dengan keberkahan Al-Quran, sinarilah tubuh kami dengan keindahan Al-Quran, selamatkanlah kami dari api neraka dengan pertolongan Al-Quran, dan masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa'at Al-Quran.  

 

بارك الله لـى ولكم

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

 

SIKAP MANUSIA TERHADAP AL-QURAN (KULTUM ROMADHON HARI KE 18)